Home » » Apa itu Balancing & Spooring

Apa itu Balancing & Spooring


Pentingnya Balancing & Spooring
Jika Sobat pernah mengalami guncangan dalam mobil, setelah berpapasan dengan kendaraan besar lainnya pada kecepatan tinggi, maka hal itu terletak pada buruknya setelan Keseimbangan (Balancing) dan Keselarasan (Spooring) roda, beserta piranti kemudi (Setir) sebagai pengendali gerakan mobil. 

Pada sebuah kendaraan yang telah lama dipakai, Keseimbangan dan Keselarasan roda harus terus dirawat secara berkala, karena keausan komponen kaki-kaki mobil yang bisa menyebabkan terjadinya penyimpangan pada sudut Kelurusan Roda.

Spooring bertujuan untuk menyelaraskan antara posisi roda kiri dan kanan, juga paralel roda belakang dan roda depan. Efek yang ditimbulkan dari tidak seimbangnya roda kiri dan kanan, depan dan belakang, dapat membuat mobil oleng dan bahkan berat sebelah.

Pada proses penyetelan harus dipastikan bahwa roda belakang bener-benar parallel dengan roda depan, karena roda belakang hanya mengikuti gerakan roda depan saat mobil dijalankan, dan apabila kondisi ini tidak tercapai, hal tersebut dapat mengakibatkan ban Sobat akan cepat aus sebelah, dan kestabilan mobil tergangu.

Sedangkan Balancing bertujuan membuat keseimbangan masing-masing roda + velg seimbang, Balancing juga untuk menghindari adanya getaran kecil saat mobil dijalankan. Roda dan Velg dengan ban yang baik, jika digelindingkan di atas permukaan yang rata, maka akan berjalan lurus.

Gejala oleng dapat ditimbulkan oleh gangguan pada setir, yang saat ini pada umumnya mobil sudah menggunakan ‘Power Steering’. Indikator gangguan pada Power Steering, antara  lain:

  • Kemudi terasa berat, yang mungkin karena kendornya tali kipas, dan mungkin kurangnya oli power steering
  • Kemudi terada berat dan speleng, hal ini dimungkikan karena penggunaan ban berjenis radial yang terlalu lebar, dan tekanan angin yang berbeda antara ban kiri dan kanan
  • Getaran yang kuat terasa pada kemudi, mungkin akibat lemahnya system suspensi depan, bisa juga karena longgarnya batang penyambung (Long Tie Road) pada system kemudi
  • Penyetelan Sector Shaft yang tidak tepat, atau penyetelan Rack pada model Rack and Opinion terlalu kendur, dapat membuat gerak bebas setir berlebihan
  • Gangguan kemudi akan sangat terasa, saat mobil berkecepatan tinggi, ada baiknya pengetesan Balancing dan Spooring, dilakukan dengan  kecepatan diatas 100 km/jam, dimana gejala oleng dapat dirasakan. Perlu diingat, jika sebelum mencapai kecepatan tersebut, sudah terasa oleng, lebih baik pengetesan dihentikan, dan cari tahu masalahnya kembali

Cara mudah mengetahui kapan waktunya mobil harus Balancing dan Spooring

  • Apakah terjadi getaran pada kemudi yang menggangu kenyamanan berkendara
  • Pada saat mobil melaju lurus kedepan, apakah terasa suatu belokan dengan sendirinya, atau mobil cenderung membelok ke satu arah tertentu merupakan tanda adanya masalah Spooring
  • Cobalah periksa keasusan ban mobil, apakah terjadi keausan yang tidak wajar pada keempat roda mobil, meliputi sisi, tapak dan bulu band. Apabila terjadi terjadi benjolan pada ban, berarti adanya system suspensi yang bermasalah pada ban tersebut
  • Kondisi kemudi yang tidak nyaman, bahkan lebih berat dari bisannya, atau saat dibelokkan tidak mau kembali berputar pada posisi semula saat dilepaskan
  • Pada saat membelokkan mobil, apakah terasa adanya goncangan, padahal kondisan jalan rata
  • Apabila mobil terasa berjalan miring, ini tandanya mobil sudah cukup parah dengan keseimbangan
  • Bila komponen system kemudi dan suspensi telah bergerak, sementara roda mobil hanya tidak bergerak, atau tetap lurus

Tindakan preventif agar mobil Anda terhindah dari gejala oleng

  • Lakukan Balancing dan Spooring secara berkala, ikuti buku panduan yang tersedia
  • Bila ingin merotasi ban, untuk kendaraan  roda empat, disarankan melakukan rotasi ban setiap 5,000 kilometer (sumber: Goodyear)
  • Pasanglah roda dengan mengikuti petunjuk, dan tekanan angin sesuai dengan buku petunjuk dari pabrik
  • Sebelum dimulai perbaikan Balancing dan Spooring, lakukan pengecekan semua kondisi ban dan pelek, pengecekan bagian suspensi, hubungan pada setiap sambungan kaki-kaki, kondisi chasis serta bodi kendaraan
  • Lakukan Balancing dan Spooring di bengkel yang terpercaya, yang memilki peralatan yang memadai

Terimakasih sudah membaca & membagikan Berita OtO Indonesia

Previous
« Prev Post

Sepatu Motot & Sneakers

Sepatu Motot & Sneakers
Sneakers Aja

OtO Indonesia

Populer

Banyak Dibaca